Saya Baru Jadi Sarjana, Apa yang Saya Lakukan Agar Cepat Dapat Kerja?


Tips Kerja - BursaKerjaCirebon.com, Masih banyak fresh graduated sebutan bagi mereka yang baru lulus kerja, saat mereka bingung bagaimana dan harus seperti apa agar mendapatkan pekerjaan. Rasa bingung dan cemas, dan ego seringkali dialami bagi mereka yang baru mendapatkan gelar sarjana.

Terutama bagi mereka yang mendapatkan nilai IPK diatas 3,5 tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang enak-enak. Sebenarnya di dunia ini, pekerjaan yang paling enak adalah menganggur. Karena semua pekerjaan pasti capek, semua pekerjaan pasti menghadapi berbagai masalah.

Banyak bidang pekerjaan yang penuh resiko, perbankan, leasing, pendidikan, pekerja negeri sipil, karyawan swasta, dan lain sebagainya memiliki target masing-masing.

Tidak seperti yang anda bayangkan sebelumnya, teller perbankan, harus menanggung uang palsu dan harus siap menggantikannya. Seorang pengacara, tidak jauh dari ancaman fisik dari lawan kliennya, seorang PNS harus siap ditempatkan tugas di luar daerah dan siap berpindah-pindah tugas, pegawai leasing atau finance harus siap dengan masalah kredit maacet dan data-data fiktif nasabah, karyawan swasta harus siap kerja kontrak yang tidak menentu, dan lain sebagainya.

Jika setiap harinya anda minta uang ke orang tua, tentu pada hari ini minta uang adalah sangat malu. Karena, malu jika gelar sarjana tidak membuat anda jadi mandiri. Lantas harus bagaimana?

Saat lulus kuliah dan saatnya Anda mencari kerja, maka IPK bukan penyebab pasti Anda jadi orang sukses. Penyebab pasti Anda sukses adalah keberuntungan.

Cepat atau lambatnya Anda kerja, sebenarnya ada di tangan Anda sendiri. Anda seringkali mikir-mikir karena gaji, karena gak ada jabatannya, karena jauh, dan karena lain sebagainya. Padahal HRD tidak akan memberikan Anda jabatan, kecuali Anda punya pengalaman dalam memimpin. Lantas, pengalaman kerja saja belum pernah, bagaimana Anda bisa?

Maka saat Anda lulus kuliah, cepatlah cari kerja apapun jenisnya. Setelah Anda kerja, maka ambillah kontrak satu tahun, setelah itu resign, dan carilah pekerjaan yang bergaji besar, dan jabatannya sesuai keinginanmu. Karena HRD menilai Anda bukan karena IPK tinggi, tetapi Anda yang pernah pengalaman panjang di bidang yang sama.

Kalau saya secara pribadi, bekerja bukan karena jabatan, tetapi karena uang. Karena jika Anda ingin cari muka, cari jabatan, maka Anda akan bersaing dengan rekan kerja yang lain, dan dinamika kerja Anda akan mengetahuinya sendiri.


Penulis :
Santosa, admin BursaKerjaCirebon.com