Komersialisasi dalam Lowongan Kerja di Cirebon Harus Diberantas!


Opini - BursaKerjaCirebon.com, Komersialisasi dalam permasalahan dunia kerja di Cirebon pada akhir-akhir ini sangat memprihatinkan. Pasalnya ada pemberitaan soal adanya aksi dugaan suap agar menjadi tenaga kerja honorer di perusahaan BUMD hingga Rp 50.000.000,- perorang ini menjadi urusan yang serius. Apalagi sampai terjadi tindak penganiyaan terhadap korban.

Kabarnya yang melibatkan para petinggi eksekutif dan legislatif daerah ini sangat miris. Di mana lowongan kerja menjadi objek korupsi para pejabat daerah dalam mengambil aksi suap di tengah ketersediaan lowongan kerja yang sempit, terutama di wilayah Cirebon.

Belum lagi dengan komersialisasi yang dilakukan oleh para event organizer seperti dalam job fair, dan bentuk-bentuk lain. Namun para peserta job fair, tidak sedikit pun diuntungkan dalam acara yang digelar tersebut.

Pemerintah seharusnya menciptakan lowongan kerja dengan membangun entitas komunitas entrepreneur, dan menumbuhkan komunitas home industri yang baru. Agar rakyat di daerah tidak minat beranjak ke kota besar, tapi sudah sejahtera di desa.

Tentunya kita butuh calon pemimpin yang berjiwa kesatria, bukan pemimpin yang hanya memanfaatkan celah korup, apalagi yang dijadikan korban adalah orang yang sedang membutuhkan pekerjaan. Demi gaji yang tidak seberapa, lantas dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.